RSS

Sejarah Komputasi Komputer (Softskill)

Tugas softskill pertama

Nama                    : Rita Eva O.S
Npm                      : 54409645
Kelas                     : 4IA22
Dosen                   : Ibu
RINA NOVIANA, Skom., MMSI.
Dibuat tanggal : 26 maret 2013

 
Pengenalan Komputasi Modern

Seiring dengan perkembangan komputer maka lahirlah makna bagi komputer salah satunya adalah sebagai sebuah mesin yang melakukan komputasi. Adapun pengertian dari komputasi itu sendiri adalah sebagai suatu cara untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dari inputan data dengan menggunakan algoritma dimana penerapannya menggunakan berbagai teknologi yang telah berkembang seperti komputer. Dengan adanya penyelesaian ini mengakibatkan munculnya teori komputasi yaitu suatu aktivitas penggunaan serta pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan, perangkat lunak komputer. Teknologi komputasi ini merupakan bagian yang spesifik komputer dari teknologi informasi.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematikateknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.
 Adapun yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
 1) Akurasi (big, Floating point)
       2) Kecepatan (dalam satuan Hz)
     3) Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
      4) Modeling (NN & GA)
      5) Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
  
    Sejarah Komputasi Modern
Dalam ilmu komputasi memiliki satu cabang ilmu yang bernama komputasi sains. Secara umum komputasi sains mempelajari aspek-aspek komputasi untuk aplikasi atau memecahkan masalah di bidang sains lain, seperti fisika, kimia, biologi dan geologi. Dalam sejarah komputasi modern tidak dapat terlepas dari peranan John von Neumann, beliau adalah ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern serta salah satu ahli matematika terbesar, beliau juga yang pertam kali mencetuskan konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori sehingga menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini.
       Kepiawaian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
      Keinginan Von Neumann untuk mempelajari matematika dilakukannya pada musim panas setelah studinya di Berlin dan sebelum masuk ETH Zurich. Dia menjadi mahasiswa program doktor pada Universitas Budapest. Tesis doktornya bertemakan aksiomasisai teori himpunan (set theory) yang dikembangkan George Cantor. Pada masa itu, set theory merupakan salah satu topik ‘menantang’ di dunia matematika.
        Akhirnya pada tahun 1926, dia lulus dengan dua gelar yaitu gelar S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang matematika dari Universitas Budapest. (Sumber : http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1111718762
  Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai hingga saat ini. Arsitektur yang dirancang oleh Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, input-output, dan memori. Di bawah ini merupakan contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC (Sumber :http://phenomenalsite.co.cc/?p=46) :
  • Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”. Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
  • Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor. Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
  • Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable. Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
  • The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
  • Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan pada tahun 1941).
Pada tahun 1980-an merupakan awal kemajuan teknologi di bidang komputer untuk penggunaan pribadi, kemudian ditambah dengan kemajuan yang pesat dalam evolusi internet hingga saat ini yang memungkinkan sang pengguna komputer untuk mengeksplorasi dan mempelajari bidang-bidang ilmu komputasi lebih jauh dan mendalam seperti komputasi sains, diantaranya fisika, kimia, biologi, dan geologi.

Jenis-Jenis Komputasi Modern
 Komputasi modern mempunyai 3 jenis, yaitu :
 1.     Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
        Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.

2.     Grid Computing
Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif.
       Keuntungan dari komputasi grid adalah dua kali lipat: pertama, kekuatan pemrosesan yang tidak digunakan secara efektif digunakan, memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan, kedua, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang secara signifikan.
      Idealnya kode sumber harus direstrukturisasi untuk membuat tugas-tugas yang saling eksklusif adalah sebagai mungkin. Itu tidak berarti bahwa mereka tidak bisa saling bergantung, tetapi pesan yang dikirim antara tugas-tugas meningkatkan faktor waktu. Satu pertimbangan penting saat membuat pekerjaan komputasi grid adalah bahwa apakah kode dijalankan serial atau paralel tugas, hasil dari keduanya harus selalu sama di setiap situasi.

3.     Cloud Computing atau Komputasi Awan 
     Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan memberikan output. Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi.
Sebagai contoh, seorang sopir mobil tahu bahwa roda kemudi dengan memutar arah mobil yang mereka ingin pergi; atau yang menekan pedal gas akan menyebabkan mobil untuk mempercepat. Sopir biasanya tidak peduli tentang bagaimana arah dari roda kemudi dan pedal gas tersebut diterjemahkan ke dalam gerakan yang sebenarnya dari mobil. Oleh karena itu, rincian ini diabstraksikan dari sopir.
       Cloud serupa, melainkan menerapkan konsep abstraksi dalam lingkungan komputasi fisik, dengan menyembunyikan proses yang benar dari pengguna. Dalam lingkungan komputasi awan, data bisa berada pada beberapa server, rincian koneksi jaringan yang tersembunyi dan pengguna tidak ada yang tahu. Bahkan, komputer awan awan dinamakan demikian karena sering digunakan untuk menggambarkan pengetahuan eksak tentang pekerjaan batin. Cloud komputasi berat berasal dari paradigma Unix memiliki beberapa elemen, masing-masing yang sangat baik pada satu tugas tertentu, daripada memiliki satu elemen besar yang tidak baik.

Sumber :
http://rejekidr.wordpress.com/2011/04/03/pengertian-dan-sejarah-komputasi-modern/

Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Proposal Usaha Warung Internet(“instannet”) Meliputi game online, Digital printing scanning, makan dan minuman.


Nama dosen                    : Ibu Rina Noviana
Nama kelompok              :             
             -       Rita Eva O.S (54409645)
             -       Dwi Kartinah (50409406)
             -       Deby Triana (53409232)
             -       M. Fakhtur (50409455)
             -       Syefani Rahma.D (55409507)
Kelas                               :  4IA22

KELEBIHAN
Dalam memulai usaha warnet ini, semua instalasi software, jaringan LAN, router, dan proxy server dapat kami lakukan sendiri, sehingga tidak diperlukan lagi anggaran dana untuk jasa dari pihak ketiga. Sehingga akan menghemat biaya pengeluaran. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan dari Proposal Usaha Warung Internet (“Instannet”) :

1.    Strategi Harga Produk & Pemasaran
Harga yang kami tawarkan relatif murah seperti di warnet lainnya yaitu Rp 3.000 per jam. Jika lebih dari satu jam misal 2 jam akan di kenakan biaya Rp 2500/jam. Namun untuk lebih menarik minat, kami memberlakukan paket internet untuk penggunaan dinihari. Untuk senin sampai jumat dinihari (00:00 – 06:00) dikenakan tarif Rp 10.000 ditambah dengan minuman &makanan ringan gratis. Untuk sabtu dan minggu dinihari dikenakan tarif Rp 15.000 ditambah dengan minuman & makanan ringan gratis.

2.   Strategi Promosi Pada Konsumen
Kami akan melakukan Promosi  berupa penyebaran pamflet dan brosur ditempat-tempat umum, seperti sekolah, kampus, tempat keramaian, serta di jalan-jalan umum sekitar lokasi warnet. Selain itu juga, promosi dilakukan dengan spanduk, dan banner yang dipasang ditempat ramai. Promosi juga dapat dilakukan secara tidak langsung lewat mulut kemulut para pelanggan yang puas dengan pelayanan warnet kami.

KEKURANGAN 
a. banyak persaingan pengusaha warnet sehingga harus pintar mengelola
b. bersaing dengan provider internet yang murah sehingga minat konsumen untuk ke warnet berkurang (lebih baik memiliki prlovider internet melalui modem stick dan memasang internet  dirumah )
c. jaringan wireless internet dapat dicuri oleh hacker sehingga merugikan pengusaha

Jika Usaha Macet Akan Di lakukan Pelelangan Usaha Macet
Ada dua kemungkinan dari setiap usaha yang berjalan, yaitu berkembang dan macet. Tindakan yang akan saya perlukan apabila suatu waktu usaha dalam keadaan macet yaitu:
1.      Melelang usaha dengan semua manajemen dan cashflow; atau
2.      Melelang semua perangkat komputer dan warnet; atau
3.      Menjual satu persatu perangkat komputer ke pasaran komputer

**Catatan : Kami merasa yakin, dengan fasilitas Warnet yang kami sediakan serta  spesifikasi komputer dan perangkat warnet yang ada dan dalam keadaan baik serta terurus selama kami yang mengendalikannnya, akan memberikan nilai jual kembali yang bagus. Dan akan menjaga kepuasan konsumen