RSS

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)

Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Jadi, pada intinya computer hampir sama cerdasnya dengan manusia. Dimana, computer dapat melakukan apa yang dilakukan oleh manusia. Bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain:

  1. System pakar
  1. permainan komputer
  2. robotika
  3. jaringan syaraf tiruan

Adapun software atau aplikasi untuk membuat kecerdasan buatan yaitu :

1. Visual Prolog

2. Strawberry Prolog

3. Visual Basic

4. JAVA

5. Bahasa C/C++

6. Dan lain sebagainya

Berbagai permainan yang sering kita jumpai. Akan tetapi, tidak kita sadari bahwa permainan tersebut mengandung konsep Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Contoh – contoh permainan sederhana yang sering kita jumpai yang menggunakan Konsep Kecerdasan Buatan adalah :

1. Catur (Chess)

2. Tic Tac Toe

3. Snake

4. Bantumi

5. Dan lain sebagainya

Mengapa permainan tersebut saya katakan menggunakan Konsep AI ? Dikarenakan, computer dapat menentukan langkah terbaik yang harus dia ambil untuk mengalahkan pemain (user). Oleh sebab itu, computer dapat dinyatakan mempunyai Kecerdasan seperti manusia bahkan mungkin lebih cerdas. Karena, kita juga pernah kalah bermain dengan computer. Hohoho…^^. Hayo, ngaku bener kaan sering kalah sama computer?? Ckckckc… payah anda?!! Begitulah sekilas pengetahuan saya mengenai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Semoga bermanfaat yaa.. heheheh…^^

0 komentar:

Posting Komentar