Sejarah
teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan
komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang
lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya
dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games.
Sebelum dimulai, akan kita pahami
dulu apa arti dari game (game komputer). Game adalah sebuah permainan
interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima
input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan
melalui TV atau layar monitor.
Game Generasi Pertama
Tahun
1952,
di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah
PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia
menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama
Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang
memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).
Kemudian di tahun 1958. William
Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video
game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di
osciloscope.
Tapi game komputer pertama yang
benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu
di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer
dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama
Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat
nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith.
Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve
Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang
biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat
Spacewar di tahun 1961.
Game Generasi Kedua
Di
tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game
ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh
Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia
mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik.
Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk
kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game
sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah,
kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat
versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.
Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama
Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve
Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC.
Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan
membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari
komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Pada
tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander.
Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta
untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam
grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector
line seperti yang ada pada osciloscope.
Pengenalan Atari Video komputer
System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era
baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang
meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.
Dan kini komputer bersaing dengan
mesin konsol seperti PS atau Xbox. Dan komputer tidak hanya sebagai mesin untuk
kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk hiburan seperti game.
Game Generasi Ketiga
Generasi video game ketiga ini
dimulai pada tahun 1983 oleh Jepang melalui peluncuran Famicom yang sekarang
dikenal sebagai NES (Nintendo Entertainment Sistem) dengan salah satu game
terkenalnya yaitu mario bros. NES mempunyai saingan yaitu Sega Master System
yang dibuat di Amerika.
Game
Generasi Keempat
Generasi keempat dimulai pada tanggal 30
Oktober 1987 dengan dirilisnya Nippon Electric Company (NEC) PC Engine
tetapi walaupun NEC telah dirilis sebagai yang pertama pada generasi ke empat,
namun di era ini tetap didominasi oleh persaingan Nintendo dan Sega, Super
Nintendo dan Sega Mega Drive. Beberapa perusahaan hiburan lainnya juga mulai
hadir pada generasi ini, salah satunya adalah SNK Playmore's Neo Geo.
Game
Generasi Kelima
Generasi
kelima lebih dikenal sebagai era 32 bit, Generasi ini berlangsung dari sekitar 1993 sampai 2002 dan didominasi oleh
tiga konsol, yang Sega Saturn (1994), yang Sony PlayStation (1994), dan
Nintendo 64 (1996). Disini Game sudah tidak lagi menggunakan catridge yang
dimasukan kedalam slot, tetapi sudah menggunakan cd untuk memainkan gamenya.
Game
Generasi Keenam
Generasi keenam ini terdapat 4 console terkenal yaitu sega dreamcast,
playstation 2, nintendo game cube dan x-box. Generasi ini dimulai pada saat
tanggal 27 November 1998 dengan
dirilisnya DreamCast, selanjutnya dikeluarkannya console Playstation 2 saat
Maret 2000. Sedangkan untuk console Gamecube dan Xbox mulai dipasarkan sekitar
bulan September dan November. Game pun sudah dikemas kedalam bentuk DVD,
kecuali sega dreamcast yang menggunakan gd-rom.
Game
Generasi Ketujuh
Pada
generasi ini tiap console mulai diperlengkapi dengan sistem online;
tambahannya, seluruh console tersebut memiliki fasilitas “broadband-ready”.
Sega sudah meninggalkan dunia konsole dan berkosentrasi dalam pembuatan
software game.
Generasi
ini dimulai dari 22 November 2005
dengan dirilisnya Microsoft’s Xbox 360 dan diikuti oleh Sony’s Playstation 3
pada 11 November 2006 dan Nintendo’s Wii pada 19 November 2006. Masing-masing sarana permainan yang baru
memperkenalkan type terbaru dalam teknologi. Sebagai contoh, Xbox 360 dan
Playstation 3 menawarkan tampilan atau grafik dengan kualitas tinggi, pada saat
yang sama Nintendo’s Wii fokus pada pengendali atau biasa yang disebut joystick
dengan menggunakan sensor gerak. Ketiga saran permainan di atas mempunyai
joystick tanpa kabel atau yang disebut dengan wireless.
Berikut kelebihan dan kekurangan console games pada generasi ini :
Xbox 360
Game
ini mempunyai kelemahan yang biasa disebut dengan “Red Ring of Death” yang
terjadi pada sistemnya. Oleh sebab itu pihak Microsoft memberikan garansi 3
tahun pada pemakai agar dapat memperbaikai segala kerusakan yang diakibatkan
oleh system secara gratis. Model terbaru dari Xbox 360 telah dipatenkan
daripada yang sebelumnya, mengurangi panas (tidak cepat panas) dan gagal
system. Dalam memproduksi Xbox, tidak membutuhkan biaya yang mahal karena masih
menggunkan teknologi DVD.
Video
Output : RGB, VGA, Component, S-Video, Composite, SCART.
Playstation 3
Sony’s
Playstation 3 dirilis pada tanggal 11 November 2006 dengan harga yang lebih
mahal daripada Xbox. Playstation mempunyai system terbaru seperti Cell
Microprocessor dan Blue Ray. Penggunaan Blue Ray sangat menguntungkan konsumen
karena disc yang dipakai bisa tahan lama.
Video
Output : HDMI, RGB, Component, Composite, S-Video, SCART
Wii
Nintendo memasuki generasi ini dengan pendekatan baru dalam Wii Console. Wii
lebih memilih peningkatan kepuasan melalui interaksi pemakai dari pada
menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang dipakai oleh Wii adalah sensor
gerak yang dapat memnudahkan pemakai memainkan game.
Berdasarkan
Jenis Genrenya atau cara memainkannya :
- RPG
(Role Playing Game) : sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran
tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita
bersama. Contohnya Final Fantasy, Ragnarok, dsb.
- RTS
(Real TIme Strategy) : suatu permainan komputer yang memiliki ciri khas
berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu negara, negara
tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya (alam, manusia,
ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur, diplomasi dengan
negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan keyakinan, pengembangan
pendidikan dari negara primitif menuju peradaban modern. Contohnya : Age
of Empire, Command n Conquer, Stronghold, Warcraft, dsb.
- FPS
(First Person Shooter) : Jenis permainan dengan tampilan pada layar pemain
adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan.
- Action
games : Permainan yang banyak adegan fisik atau kekerasan.
- Simulation
games : Video games yang menggambarkan kehidupan seperti biasa. game ini
banyak jenisnya seperti Life Simulation Games contohnya the sims dan ada
juga yang mengendarai suatu kendaraan seperti flight simulator, trains
simulator, bis simulator dsb.
Sumber: Tabloid PC MILD Edisi
07/05 tanggal 14 Maret 2005
http://bhe-tha.blogspot.com/2010/02/jenis-jenis-dan-perkembangan-teknologi.html
0 komentar:
Posting Komentar