RSS

WEB, WEB, WEB...

Pertama kali saya mendengar kata Web, dipikiran saya pasti berhubungan dengan internet. Contoh Web itu seperti Facebook, Google, dan Blogger. Ternyata masih banyak lagi jenis – jenis Web yang belum saya ketahui. Contohnya seperti web service, web portal dan e-commerce. Akhirnya saya berfikir untuk membuat sebuah Web sederhana dengan menggunakan Joomla. Berhubung saat itu saya juga mendapat tugas dari dosen softskill saya.

Karena saya belum begitu mengerti akan Web, maka saya membaca buku mengenai Joomla. Setelah saya baca dan saya pahami, saya mulai mencoba untuk membuat Web saya tersebut. Awalnya saya mengalami kesulitan karena untuk membuat Web ini dengan menggunakan Joomla, saya harus mempunyai software yang bernama Xampp. XAMPP merupakan sebuah paket instalasi untuk PHP, APACHE dan MySQL. Dengan menggunakan XAMPP, kita tidak perlu lagi repot menginstall ketiga software itu secara terpisah. Oleh karena itu, saya meng-instal Xampp untuk mendukung pembuatan Web saya tersebut. Berikut cara menginstal XAMPP :

1. Jalankan file xampp-win32-1.4.12-installer.exe (atau versi lainnya)

2. Kemudian akan tampil pilihan untuk memilih bahasa ketika proses instalasi berjalan. Silahkan pilih bahasa Indonesian atau English. Saya memilih Bahasa Indonesia.

3. Proses instalasi akan dimulai. Klik Maju untuk memulainya.

4. Akan muncul lisensi software. Silahkan membacanya jika anda mau, tetapi saya lebih suka untuk tidak membacanya karena terlalu banyak. Klik Saya Setuju untuk melanjutkan.

5. Selanjutnya silakan anda pilih lokasi install untuk XAMPP. Kemudian klik install

6. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

7. Sampai tahap ini, berarti kita sudah menginstal XAMPP. Itu berarti kita sudah selesai menginstall PHP, APACHE dan MYSQL. Langkah selanjutnya adalah menjalankan servicenya.

8. Jalankan XAMPP Control Panel yang ada di desktop. Atau anda juga dapat menjalankan XAMPP Control Panel dari menu Start -> All Programs -> apachefriends -> xampp -> xampp control panel.

9. Nyalakan Apache dan Mysql dengan mengklik tombol Start pada tampilan XAMPP. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost. Jika muncul tampilan XAMPP, maka apache sudah ter-instal dengan benar.

Setelah meng-instal XAMPP, barulah meng-instal Joomla. Berikut adalah cara menginstal Joomla.

1). Aktifkan dahulu XAMPP dengan cara double klik pada icon XAMPP. Aktifkan Apache dan MySql dengan cara klik tombol START pada keduanya.

2). Setelah mengaktifkan XAMPP, aktifkan browser yang Anda miliki seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan lain sebagainya. Setelah itu ketikan URL seperti berikut :

localhost/(nama folder Joomla yang telah diubah)

Misal, localhost/revaa

Kemudian tekan ENTER .

3). Untuk tahap pertama kita memilih jenis bahasa yang akan kita gunakan dalam proses peng-instalan, misalnya Indonesian. Kemudian klik NEXT .

4). Setelah kita memilih jenis bahasa yang kita gunakan, akan muncul tampilan Pre-instalation. Kemudian klik NEXT .

5). Setelah itu akan muncul tampilan License. Kemudian klik NEXT .

6). Setelah itu akan muncul lagi tampilan Database yang digunakan untuk mengatur database yang kita buat. Pada field :

Host Name, isikan dengan Localhost.

Username, isikan dengan root.

Untuk field Password, kosongkan.

Database, isikan dengan [nama folder/domain]db. Kemudian klik NEXT.

7). Setelah itu akan muncul tampilan FTP Configuration. Kosongkan semua field yang ada, kemudian klik NEXT.

8). Setelah itu akan muncul tampilan Configuration. Isikan pada setiap field, yaitu :

Site Name, isikan dengan [nama site yang kita inginkan] seperti www.revaa.com

Your Email, isikan dengan [email yang telah ada] seperti vaa_reva@yahoo.com

Admin Password, isikan dengan [password yang diinginkan]

Confirm Admin Password, isikan dengan [password yang sama dengan diatas]

Selain itu, field dikosongkan. Lalu klik NEXT .

9). Setelah itu akan muncul tampilan konfirmasi, kemudian klik OK.

10). Maka akan muncul tampilan Finishing. Itu artinya instalan telah berhasil dilakukan. Untuk memasuki Web yang telah kita buat, klik , maka akan muncul Web yang telah kita instal. Selanjutnya kita hanya meng-edit Layout atau tampilan yang terdapat pada Web kita.

Setelah saya mengerjakan Web ini, saya sudah lumayan mengerti cara membuat Web. Jujur saja, ini Web pertama yang baru saya buat. Web yang biasa saya gunakan seperti blog adalah Web yang telah ada sebelumnya seperti www.blogspot.com dan www.wordpress.com.

SEO sebagai pendukung pencarian Website

SEO (Search Engine Optimization)

Website merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat modern sekarang ini, baik itu digunakan untuk melakukan transaksi, penyebaran informasi, maupun pencarian informasi. Website yang memiliki mesin pencari informasi seperti google atau yahoo kini telah menjadi alternatif utama bagi masyarakat modern dalam mencari berita atau informasi. Namun demikian, walaupun mesin-mesin pencari ini sanggup memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan, seringkali ketepatan dalam mencari informasi tersebut dipertanyakan. Sebagai contoh, saat kita mencari informasi mengenai “Bangau”, mesin pencari akan menampilkan berbagai informasi mengenai “Bangau”, tanpa mempedulikan apakah yang dicari adalah nama burung, nama sekolah, atau bahkan merek suatu produk. Hal ini sebenarnya merupakan fenomena yang wajar mengingat teknologi informasi di dunia Internet yang belum memiliki mekanisme pengorganisasian data secara terstruktur. Kejadian di atas sama halnya dengan keadaan dimana belum ditemukannya metode pengorganisasian buku-buku di perpustakaan. Sebelum adanya metode pengorganisasian buku yang salah satunya kita kenal dengan nama “Dewey memakan banyak waktu sekaligus melelahkan.

Demikian halnya dengan dunia Internet sekarang ini di mana pencarian informasi seringkali memakan begitu banyak waktu dan sangat melelahkan. Untuk itulah, para ahli dan peneliti Internet bersepakat untuk mengatasi permasalahan ini. Internet membutuhkan suatu mekanisme yang memampukan komputer mengerti arti kata yang kita cari. Dengan kata lain, kita membutuhkan suatu cara agar kata-kata yang tertera di dalam suatu dokumen Web dapat dibaca dan dimengerti oleh mesin (machine-readable data). Website yang memiliki kemampuan seperti ini seolah-olah memiliki kecerdasan buatan yang sanggup memberikan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan atau kebutuhan para penggunanya.

Oleh sebab itulah diperlukan sebuah mesin pencari Web, salah satunya adalah SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti melakukan optimasi website agar ditampilkan pada halaman utama / halaman atas pada search engine bila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine tersebut. Proses algoritmanya adalah seseorang membuka search engine Google, Yahoo, maupun MSN, dan selanjutnnya ia akan mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine dan kemudian akan ditampilkan list halaman yang memuat website-website yang sesuai dengan kata pencarian yang diketikkan orang tersebut.

Dengan bermunculannya website-website baru setiap harinya, maka kebutuhan akan search engine sangat penting, yaitu untuk memudahkan mencari informasi dan menampilkan list website-website yang sesuai dengan informasi yang diinginkan. Karena sebagai pengguna internet, ada keterbatasan untuk mengingat maupun menyimpan alamat-alamat website apa saja yang akan dikunjungi kembali nantinya. Karena peran search engine begitu penting dalam menampilkan informasi, maka bagi pemilik website yang websitenya ditampilkan oleh search engine tersebut, akan memberikan keuntungan yang besar, karena traffic yang diberikan dari search engine ke website tersebut tentunya akan meningkat.

Selain itu juga SEO sangat bermanfaat untuk meningkatkan volume dan kualitas dalam perjalanan Web hingga sampai pada tujuan dengan cepat dan meningkatkan relevansinya terhadap kata kunci tertentu dan untuk menghilangkan hambatan bagi kegiatan pengindeksan mesin pencari. Jadi, kesimpulannya SEO sangat bermanfaat untuk keperluan ber-browesing ria dengan cepat dan tanpa hambatan.

sumber :

http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/554/478

http://www2.itmaranatha.org/jurnal/jurnal.informatika/Jurnal/Juni2007/artikel/artikelpdf/juni07_3.pdf

Love, come and take over now
Come and just heal somehow
The broken and the lost

Light, come and take over now
Come and just shine so bright
Chase the shadows of our lives

Let Your mercy flow within us
As we stand before the lamb
Let Your mercy flow within us
As we're standing in the gab

You are the Lord of heavens
And God of all the earth
And You are the king of nations
And You breathed the universe
So we lift our generation in hunger and in thirst
As we humbly bow
Your presence changes the atmosphere

Lagu ini bener - bener, gua suka banget. I LOVE IT SO MUCH ^^

Sistem Operasi yang Terbaru : Mac OS X 10.4 “Tiger”

Operating System atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Nah, saat ini saya akan membahas mengenai Sistem Operasi terbaru yaitu Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Di lihat dari namanya, memang jenis Mac OS ini lambangnya memang ada "Harimau"nya. Ikh, takutt... heheheh... Gak usah takut, karena jenis Mac OS ini tidak menggigit atau mengaum seperti halnya harimau beneran. Untuk lebih tahu dengan jelas, ayo,, kita sama-sama membaca mengenai Mac OS jenis ini.


Sejarah Mac OS X 10.4 “Tiger”


Mac OS X 10.4 “Tiger” pada awalnya ditinjau oleh Steve
Jobs dari Apple CEO dalam pokok pidato yang disampaikannya di Konferensi Pengembang Sedunia (Worldwide Developers Conference) pada tanggal 28 Juni 2004. Kemudian pada bulan Desember 2004, beberapa pengembang non komersial merilis Tiger yang bocor di internet. Akibatnya, Apple menuntut file sharer, orang yang mendistribusikan Tiger untuk didownload bebas dengan menggunakan BitTorrent. Pada tanggal 12 April 2005, diumumkan bahwa Tiger resmi diluncurkan di seluruh dunia pada tanggal 29 April. Semua Apple Store diseluruh dunia menyelenggarakan seminar tentang Tiger, dan mendemokannya. Pada 6 Juni 2005 pada worldwide Developers Conference di San Fransisco, Jobs mengumumkan bahwa hampir 2 miliar copy terjual dalam enam bulan semenjak diluncurkannya Tiger, membuatnya system operasi tersukses yang dirilis Apple sepanjang sejarah. Ia juga mengemukakan bahwa Mac OS X telah direncanakan sejak awal untuk bekerja sama dengan prosesor Intel x86 di samping PowerPC, CPU untuk sistem operasi juga telah dipasarkan. Pada bulan Juni 2005, Apple mengumumkan rencananya untuk merilis x86 berbasis komputer pertama pada bulan Juni 2006, sisanya transisi ke x86 pada bulan Juni 2007. Pada tanggal 10 Januari 2006, Apple merilis iMac dan MacBook Pro pertama mereka yang menawarkan teknologi prosesor Intel Core Duo, dan mengumumkan bahwa seluruh produk Apple akan ditransisi ke prosesor Intel pada akhir tahun 2006. Kemudian Apple merilis Mac Pro dan mengumumkan Xserve baru pada 8 Agustus 2006, melengkapi transisi Intel dalam 210 hari. Tiger merupakan versi pertama dari Mac OS X yang tersedia pada DVD bukan di CD, walaupun DVD tersebut dapat ditukar dengan CD untuk $ 9,95. Tiger juga merupakan versi pertama dari Mac OS yang memiliki nomor versi update terakhir dengan nilai lebih besar dari 9, dengan 10.4.10 dan 10.4.11 update.

Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.4

Beberapa fitur baru dari versi Tiger ini yaitu Spotlight, fitur system pencarian cepat, versi baru dari Safari web browser, Dashboard, tema 'Unified' baru, dan meningkatkan dukungan untuk 64-bit pengalamatan pada Power Mac G5s. Mac OS X v10.4 "Tiger" terdapat semua hal baru dari computer Macintosh, dan juga tersedia versi upgrade untuk pengguna Mac OS X yang ada, atau user yang menggunakan pra-Mac OS X. Edisi server, Mac OS X Server 10,4, juga tersedia untuk beberapa produk Macintosh. Tiger juga merupakan versi pertama dari setiap system operasi yang dirilis Apple untuk berjalan pada arsitektur mesin Apple-Intel (komputer Apple menggunakan prosesor x86). Apple TV, seperti dirilis pada bulan Maret 2007, dilengkapi dengan versi Mac OS X v10.4 yang disesuaikan dengan brand "Apple TV OS" yang menggantikan yang antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dengan versi update dari Front Row.

Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.4 “Tiger”

Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.4 Tiger memiliki lebih dari 200, termasuk:

 Spotlight
Spotlight merupakan mesin pencarian metadata, yang dapat mencari apapun mulai dari dokumen Word sampai kalender iCal juga Buku Alamat, serta semua teks dalam file PDF. Fitur ini juga digunakan untuk membangun konsep smart folder ke dalam Finder. Spotlight akan menampilkan file yang telah disimpan, sehingga user dapat dengan cepat dan mudah menemukan apa yang mereka cari sebagaimana yang diinput dalam text box yang disediakan.

 iChat AV
iChat AV 3.0 baru di Tiger mendukung sampai empat partisipan dalam konferensi video dan sepuluh peserta dalam konferensi audio. iChat AV juga mendukung komunikasi menggunakan Jabber protokol. Server Jabber disebut Server iChat disertakan pada Mac OS X Tiger Server.

 Safari RSS
Web browser Safari 2,0 di fitur Tiger memasukkan pembacaan untuk RSS dan sindikasi web Atom yang dapat diakses dengan mudah dari tombol RSS dalam kolom alamat dari jendela browser. Versi update dari Safari, dimasukkan sebagai bagian dari Mac OS X v10.4.3 update gratis, dapat melewati juga tes standar Acid2.

 Mail 2
Versi terbaru klien email Mail.app termasuk di fitur antarmuka Tiger yang diperbarui, "Smart Mailbox" yang memanfaatkan sistem pencarian Spotlight, pengontrolan induk, serta beberapa fitur lainnya.

 Dashboard
Dashboard merupakan layer aplikasi mini berdasarkan HTML, CSS, dan JavaScript, yang mengembalikan konsep aksesoris desktop untuk Mac OS. Aksesori ini dikenal dengan istilah widgets. Dashboard datang dengan beberapa widgets seperti Cuaca, Jam Dunia, Konverter Unit, dan kamus / ensiklopedi. Lebih lanjut tersedia secara online dan gratis.

 Automator
Sebuah tool script yang disebut Automator yaitu untuk menautkan beberapa aplikasi untuk membentuk aliran kerja otomatis yang kompleks (ditulis dalam AppleScript, Cocoa, atau keduanya). Automator hadir dengan library lengkap untuk beberapa aplikasi yang dapat digunakan bersama dalam melakukan pekerjaan.

Pemrograman yang dapat Dijalankan

Semua file format windows dapat dijalankan pada system operasi Macintosh versi Tiger. Otomatis, dengan demikian Microsoft Office pun dapat dijalankan/run di system operasi ini. Selain itu, dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bias dibaca di Sistem Operasi lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya generik (misalnya .pdf, .html, .mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi di kedua platform (Mac dan Windows) yang bias membaca format tersebut.

Directory pada Mac OS X
directory untuk Mac OS X adalah /mac/System Folder/.

Demikianlah Sistem Operasi yang terbaru yang saya bahas. Semoga Bermanfaat untuk menambah informasi dan pengetahuan kita mengenai Sistem Operasi.


sumber :: wikipedia dan Google

Artificial Intelligence ( Kecerdasan Buatan) 2

A. Sejarah Kecerdasan Buatan (AI)
Pada awal abad ke-17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit.
Pada Tahun 1642, Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI.
Tahun 1951, Program AI pertama yang bekerja ditulis untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz.
Tahun 1956, John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan pada tahun 1951. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960 dan 1970, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Tahun 1974, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos.
Tahun 1990-an, terjadi perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi.
Tahun 1997, Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal
DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

B. Pengertian Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Ada beberapa bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain system pakar, permainan komputer, robotika, logika fuzzy dan jaringan syaraf tiruan.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.

C. Paham Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan terbagi menjadi 2 paham, yaitu :
1. AI Konvensional ( Convensional Intelligence ), metoda-metodanya meliputi:
a. Sistem pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
b. Petimbangan berdasar kasus
c. Jaringan Bayesian
d. AI berdasar tingkah laku: metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual

2. AI Komputasional (Computational Intelligence), metoda-metoda pokoknya meliputi:
a. Jaringan Syaraf: sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
b. Sistem Fuzzy: teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen.
c. Komputasi Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.

Perdebatan tentang AI yang kuat dengan AI yang lemah masih menjadi topik hangat diantara filosof AI. Hal ini melibatkan filsafat pemikiran dan masalah pikiran-tubuh. Roger Penrose dalam bukunya The Emperor's New Mind dan John Searle dengan eksperimen pemikiran "ruang China" berargumen bahwa kesadaran sejati tidak dapat dicapai oleh sistem logis formal, sementara Douglas Hofstadter dalam Gödel, Escher, Bach dan Daniel Dennett dalam Consciousness Explained memperlihatkan dukungannya atas fungsionalisme. Dalam pendapat banyak pendukung AI yang kuat, kesadaran buatan dianggap sebagai urat suci (holy grail) kecerdasan buatan.

Dikutip sebagian dari : Wikipedia

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)

Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Jadi, pada intinya computer hampir sama cerdasnya dengan manusia. Dimana, computer dapat melakukan apa yang dilakukan oleh manusia. Bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain:

  1. System pakar
  1. permainan komputer
  2. robotika
  3. jaringan syaraf tiruan

Adapun software atau aplikasi untuk membuat kecerdasan buatan yaitu :

1. Visual Prolog

2. Strawberry Prolog

3. Visual Basic

4. JAVA

5. Bahasa C/C++

6. Dan lain sebagainya

Berbagai permainan yang sering kita jumpai. Akan tetapi, tidak kita sadari bahwa permainan tersebut mengandung konsep Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Contoh – contoh permainan sederhana yang sering kita jumpai yang menggunakan Konsep Kecerdasan Buatan adalah :

1. Catur (Chess)

2. Tic Tac Toe

3. Snake

4. Bantumi

5. Dan lain sebagainya

Mengapa permainan tersebut saya katakan menggunakan Konsep AI ? Dikarenakan, computer dapat menentukan langkah terbaik yang harus dia ambil untuk mengalahkan pemain (user). Oleh sebab itu, computer dapat dinyatakan mempunyai Kecerdasan seperti manusia bahkan mungkin lebih cerdas. Karena, kita juga pernah kalah bermain dengan computer. Hohoho…^^. Hayo, ngaku bener kaan sering kalah sama computer?? Ckckckc… payah anda?!! Begitulah sekilas pengetahuan saya mengenai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Semoga bermanfaat yaa.. heheheh…^^

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)

Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Jadi, pada intinya computer hampir sama cerdasnya dengan manusia. Dimana, computer dapat melakukan apa yang dilakukan oleh manusia. Bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain:

  1. System pakar
  1. permainan komputer
  2. robotika
  3. jaringan syaraf tiruan

Adapun software atau aplikasi untuk membuat kecerdasan buatan, yaitu :

1. Visual Prolog

2. Strawberry Prolog

3. Visual Basic

4. JAVA

5. Bahasa C/C++

6. Dan lain sebagainya

Berbagai permainan yang sering kita jumpai. Akan tetapi, tidak kita sadari bahwa permainan tersebut mengandung konsep Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Contoh – contoh permainan sederhana yang sering kita jumpai yang menggunakan Konsep Kecerdasan Buatan adalah :

1. Catur (Chess)

2. Tic Tac Toe

3. Snake

4. Bantumi

5. Dan lain sebagainya

Mengapa permainan tersebut saya katakan menggunakan Konsep AI ? Dikarenakan, computer dapat menentukan langkah terbaik yang harus dia ambil untuk mengalahkan pemain (user). Oleh sebab itu, computer dapat dinyatakan mempunyai Kecerdasan seperti manusia bahkan mungkin lebih cerdas. Karena, kita juga pernah kalah bermain dengan computer. Hohoho…^^. Hayo, ngaku bener kaan sering kalah sama computer?? Ckckckc… payah anda?!! Begitulah sekilas pengetahuan saya mengenai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Semoga bermanfaat yaa.. heheheh…^^