RSS
Love, come and take over now
Come and just heal somehow
The broken and the lost

Light, come and take over now
Come and just shine so bright
Chase the shadows of our lives

Let Your mercy flow within us
As we stand before the lamb
Let Your mercy flow within us
As we're standing in the gab

You are the Lord of heavens
And God of all the earth
And You are the king of nations
And You breathed the universe
So we lift our generation in hunger and in thirst
As we humbly bow
Your presence changes the atmosphere

Lagu ini bener - bener, gua suka banget. I LOVE IT SO MUCH ^^

Sistem Operasi yang Terbaru : Mac OS X 10.4 “Tiger”

Operating System atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Nah, saat ini saya akan membahas mengenai Sistem Operasi terbaru yaitu Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Di lihat dari namanya, memang jenis Mac OS ini lambangnya memang ada "Harimau"nya. Ikh, takutt... heheheh... Gak usah takut, karena jenis Mac OS ini tidak menggigit atau mengaum seperti halnya harimau beneran. Untuk lebih tahu dengan jelas, ayo,, kita sama-sama membaca mengenai Mac OS jenis ini.


Sejarah Mac OS X 10.4 “Tiger”


Mac OS X 10.4 “Tiger” pada awalnya ditinjau oleh Steve
Jobs dari Apple CEO dalam pokok pidato yang disampaikannya di Konferensi Pengembang Sedunia (Worldwide Developers Conference) pada tanggal 28 Juni 2004. Kemudian pada bulan Desember 2004, beberapa pengembang non komersial merilis Tiger yang bocor di internet. Akibatnya, Apple menuntut file sharer, orang yang mendistribusikan Tiger untuk didownload bebas dengan menggunakan BitTorrent. Pada tanggal 12 April 2005, diumumkan bahwa Tiger resmi diluncurkan di seluruh dunia pada tanggal 29 April. Semua Apple Store diseluruh dunia menyelenggarakan seminar tentang Tiger, dan mendemokannya. Pada 6 Juni 2005 pada worldwide Developers Conference di San Fransisco, Jobs mengumumkan bahwa hampir 2 miliar copy terjual dalam enam bulan semenjak diluncurkannya Tiger, membuatnya system operasi tersukses yang dirilis Apple sepanjang sejarah. Ia juga mengemukakan bahwa Mac OS X telah direncanakan sejak awal untuk bekerja sama dengan prosesor Intel x86 di samping PowerPC, CPU untuk sistem operasi juga telah dipasarkan. Pada bulan Juni 2005, Apple mengumumkan rencananya untuk merilis x86 berbasis komputer pertama pada bulan Juni 2006, sisanya transisi ke x86 pada bulan Juni 2007. Pada tanggal 10 Januari 2006, Apple merilis iMac dan MacBook Pro pertama mereka yang menawarkan teknologi prosesor Intel Core Duo, dan mengumumkan bahwa seluruh produk Apple akan ditransisi ke prosesor Intel pada akhir tahun 2006. Kemudian Apple merilis Mac Pro dan mengumumkan Xserve baru pada 8 Agustus 2006, melengkapi transisi Intel dalam 210 hari. Tiger merupakan versi pertama dari Mac OS X yang tersedia pada DVD bukan di CD, walaupun DVD tersebut dapat ditukar dengan CD untuk $ 9,95. Tiger juga merupakan versi pertama dari Mac OS yang memiliki nomor versi update terakhir dengan nilai lebih besar dari 9, dengan 10.4.10 dan 10.4.11 update.

Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.4

Beberapa fitur baru dari versi Tiger ini yaitu Spotlight, fitur system pencarian cepat, versi baru dari Safari web browser, Dashboard, tema 'Unified' baru, dan meningkatkan dukungan untuk 64-bit pengalamatan pada Power Mac G5s. Mac OS X v10.4 "Tiger" terdapat semua hal baru dari computer Macintosh, dan juga tersedia versi upgrade untuk pengguna Mac OS X yang ada, atau user yang menggunakan pra-Mac OS X. Edisi server, Mac OS X Server 10,4, juga tersedia untuk beberapa produk Macintosh. Tiger juga merupakan versi pertama dari setiap system operasi yang dirilis Apple untuk berjalan pada arsitektur mesin Apple-Intel (komputer Apple menggunakan prosesor x86). Apple TV, seperti dirilis pada bulan Maret 2007, dilengkapi dengan versi Mac OS X v10.4 yang disesuaikan dengan brand "Apple TV OS" yang menggantikan yang antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dengan versi update dari Front Row.

Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.4 “Tiger”

Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.4 Tiger memiliki lebih dari 200, termasuk:

 Spotlight
Spotlight merupakan mesin pencarian metadata, yang dapat mencari apapun mulai dari dokumen Word sampai kalender iCal juga Buku Alamat, serta semua teks dalam file PDF. Fitur ini juga digunakan untuk membangun konsep smart folder ke dalam Finder. Spotlight akan menampilkan file yang telah disimpan, sehingga user dapat dengan cepat dan mudah menemukan apa yang mereka cari sebagaimana yang diinput dalam text box yang disediakan.

 iChat AV
iChat AV 3.0 baru di Tiger mendukung sampai empat partisipan dalam konferensi video dan sepuluh peserta dalam konferensi audio. iChat AV juga mendukung komunikasi menggunakan Jabber protokol. Server Jabber disebut Server iChat disertakan pada Mac OS X Tiger Server.

 Safari RSS
Web browser Safari 2,0 di fitur Tiger memasukkan pembacaan untuk RSS dan sindikasi web Atom yang dapat diakses dengan mudah dari tombol RSS dalam kolom alamat dari jendela browser. Versi update dari Safari, dimasukkan sebagai bagian dari Mac OS X v10.4.3 update gratis, dapat melewati juga tes standar Acid2.

 Mail 2
Versi terbaru klien email Mail.app termasuk di fitur antarmuka Tiger yang diperbarui, "Smart Mailbox" yang memanfaatkan sistem pencarian Spotlight, pengontrolan induk, serta beberapa fitur lainnya.

 Dashboard
Dashboard merupakan layer aplikasi mini berdasarkan HTML, CSS, dan JavaScript, yang mengembalikan konsep aksesoris desktop untuk Mac OS. Aksesori ini dikenal dengan istilah widgets. Dashboard datang dengan beberapa widgets seperti Cuaca, Jam Dunia, Konverter Unit, dan kamus / ensiklopedi. Lebih lanjut tersedia secara online dan gratis.

 Automator
Sebuah tool script yang disebut Automator yaitu untuk menautkan beberapa aplikasi untuk membentuk aliran kerja otomatis yang kompleks (ditulis dalam AppleScript, Cocoa, atau keduanya). Automator hadir dengan library lengkap untuk beberapa aplikasi yang dapat digunakan bersama dalam melakukan pekerjaan.

Pemrograman yang dapat Dijalankan

Semua file format windows dapat dijalankan pada system operasi Macintosh versi Tiger. Otomatis, dengan demikian Microsoft Office pun dapat dijalankan/run di system operasi ini. Selain itu, dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bias dibaca di Sistem Operasi lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya generik (misalnya .pdf, .html, .mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi di kedua platform (Mac dan Windows) yang bias membaca format tersebut.

Directory pada Mac OS X
directory untuk Mac OS X adalah /mac/System Folder/.

Demikianlah Sistem Operasi yang terbaru yang saya bahas. Semoga Bermanfaat untuk menambah informasi dan pengetahuan kita mengenai Sistem Operasi.


sumber :: wikipedia dan Google

Artificial Intelligence ( Kecerdasan Buatan) 2

A. Sejarah Kecerdasan Buatan (AI)
Pada awal abad ke-17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit.
Pada Tahun 1642, Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI.
Tahun 1951, Program AI pertama yang bekerja ditulis untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz.
Tahun 1956, John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan pada tahun 1951. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960 dan 1970, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Tahun 1974, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos.
Tahun 1990-an, terjadi perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi.
Tahun 1997, Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal
DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

B. Pengertian Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Ada beberapa bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain system pakar, permainan komputer, robotika, logika fuzzy dan jaringan syaraf tiruan.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.

C. Paham Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan terbagi menjadi 2 paham, yaitu :
1. AI Konvensional ( Convensional Intelligence ), metoda-metodanya meliputi:
a. Sistem pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
b. Petimbangan berdasar kasus
c. Jaringan Bayesian
d. AI berdasar tingkah laku: metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual

2. AI Komputasional (Computational Intelligence), metoda-metoda pokoknya meliputi:
a. Jaringan Syaraf: sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
b. Sistem Fuzzy: teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen.
c. Komputasi Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.

Perdebatan tentang AI yang kuat dengan AI yang lemah masih menjadi topik hangat diantara filosof AI. Hal ini melibatkan filsafat pemikiran dan masalah pikiran-tubuh. Roger Penrose dalam bukunya The Emperor's New Mind dan John Searle dengan eksperimen pemikiran "ruang China" berargumen bahwa kesadaran sejati tidak dapat dicapai oleh sistem logis formal, sementara Douglas Hofstadter dalam Gödel, Escher, Bach dan Daniel Dennett dalam Consciousness Explained memperlihatkan dukungannya atas fungsionalisme. Dalam pendapat banyak pendukung AI yang kuat, kesadaran buatan dianggap sebagai urat suci (holy grail) kecerdasan buatan.

Dikutip sebagian dari : Wikipedia

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)

Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Jadi, pada intinya computer hampir sama cerdasnya dengan manusia. Dimana, computer dapat melakukan apa yang dilakukan oleh manusia. Bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain:

  1. System pakar
  1. permainan komputer
  2. robotika
  3. jaringan syaraf tiruan

Adapun software atau aplikasi untuk membuat kecerdasan buatan yaitu :

1. Visual Prolog

2. Strawberry Prolog

3. Visual Basic

4. JAVA

5. Bahasa C/C++

6. Dan lain sebagainya

Berbagai permainan yang sering kita jumpai. Akan tetapi, tidak kita sadari bahwa permainan tersebut mengandung konsep Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Contoh – contoh permainan sederhana yang sering kita jumpai yang menggunakan Konsep Kecerdasan Buatan adalah :

1. Catur (Chess)

2. Tic Tac Toe

3. Snake

4. Bantumi

5. Dan lain sebagainya

Mengapa permainan tersebut saya katakan menggunakan Konsep AI ? Dikarenakan, computer dapat menentukan langkah terbaik yang harus dia ambil untuk mengalahkan pemain (user). Oleh sebab itu, computer dapat dinyatakan mempunyai Kecerdasan seperti manusia bahkan mungkin lebih cerdas. Karena, kita juga pernah kalah bermain dengan computer. Hohoho…^^. Hayo, ngaku bener kaan sering kalah sama computer?? Ckckckc… payah anda?!! Begitulah sekilas pengetahuan saya mengenai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Semoga bermanfaat yaa.. heheheh…^^

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)

Kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Jadi, pada intinya computer hampir sama cerdasnya dengan manusia. Dimana, computer dapat melakukan apa yang dilakukan oleh manusia. Bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain:

  1. System pakar
  1. permainan komputer
  2. robotika
  3. jaringan syaraf tiruan

Adapun software atau aplikasi untuk membuat kecerdasan buatan, yaitu :

1. Visual Prolog

2. Strawberry Prolog

3. Visual Basic

4. JAVA

5. Bahasa C/C++

6. Dan lain sebagainya

Berbagai permainan yang sering kita jumpai. Akan tetapi, tidak kita sadari bahwa permainan tersebut mengandung konsep Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Contoh – contoh permainan sederhana yang sering kita jumpai yang menggunakan Konsep Kecerdasan Buatan adalah :

1. Catur (Chess)

2. Tic Tac Toe

3. Snake

4. Bantumi

5. Dan lain sebagainya

Mengapa permainan tersebut saya katakan menggunakan Konsep AI ? Dikarenakan, computer dapat menentukan langkah terbaik yang harus dia ambil untuk mengalahkan pemain (user). Oleh sebab itu, computer dapat dinyatakan mempunyai Kecerdasan seperti manusia bahkan mungkin lebih cerdas. Karena, kita juga pernah kalah bermain dengan computer. Hohoho…^^. Hayo, ngaku bener kaan sering kalah sama computer?? Ckckckc… payah anda?!! Begitulah sekilas pengetahuan saya mengenai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence). Semoga bermanfaat yaa.. heheheh…^^

Remaja itu...

Remaja...
Remaja adalah sebuah sebutan untuk seseorang yang akan beranjak dewasa.

Seorang ahli berkata bahwa :
Puberty is the period in the developmental span when the individual changes from an asexual to a sexual being. The word puberty is derived from the Latin word pubertas, meaning “ago of manhood” It is the time when the individual becomes sexually mature and capable of producing of spring. The term adolescence comes from the Latin word adolescere, meaning “to grow” or “to grow to maturity”. (E.B. Hurlock)

Selain itu di Alkitab pun telah disebutkan mengenai masa muda (masa remaja) :
Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!”. (Pengkhotbah 12:1).
Jangan seorangpun menganggap engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. (I Timotius 4:12).
Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:9).

Seorang remaja selalu ingin mencoba sesuatu yang baru yang belum pernah dia lihat atau lakukan. Remaja adalah waktu untuk pencarian jati diri. Jadi, dari ketika remajalah seseorang dapat menentukan jalan kehidupan nantinya ketika dia sudah dewasa. Rata - rata anak remaja adalah seseorang yang berusia 12 tahun hingga 17 tahun. Seorang remaja mudah terpengaruh atau memiliki sifat yang labil. Seorang Remaja adalah seseorang yang sedang mengalami masa transisi dalam berbagai hal. Baik biologis, psikologis, sosial, ekonomi. Dimasa remaja seseorang akan mengalami masa - masa yang rumit. Karena pada masa remaja, seseorang akan dibentuk menjadi apa dirinya nanti. Pada masa remaja seseorang mengalami gejola, kegoncangan, suka terhadap lawan jenis dan secara biologis seorang remaja dapat mempunyai anak.
Pada masa transisi itu, persoalan yang paling menonjol dari para ABG (sebutan untuk anak remaja : Anak Baru Gede) adalah kebutuhan mereka akan rasa aman, pengakuan (dihormati), rasa memiliki, serta aktualisasi diri seperti yang dinyatakan oleh Abraham Maslow dalam tingkatan kebutuhan manusia yang mendasar. Kebutuhan-kebutuhan itu secara simultan bisa mereka dapatkan dari lingkungan, rumah, sekolah dan masyarakat sekitar. Jika salah satu faktor ini ada yang salah, akibatnya akan mempengaruhi keutuhan proses pembentukan kepribadian mereka. Oleh sebab itu, kita sebagai anak remaja harus tahu apa yang kita lakukan dimasa remaja kita.

Bagi saya, masa remaja adalah masa yang paling indah. Pada masa inilah saya dapat menjadi seseorang yang memiliki teman dan dapat merasakan menjadi seseorang yang hidup penuh keceriaan karena belum memiliki tanggungan yang berarti. Tetapi yang perlu dipegang dan dijadikan pedoman adalah perlu terus diingat bahwa kebutuhan spiritual secara khusus pengenalan bagi kita seorang remaja akan kebenaran-kebenaran firman Tuhan sangat mutlak diperlukan, marilah jadilah garam dan terang di tengah-tengah para remaja.


Be a responsible teenager, tough, have a healthy and pleasant association !! ^^

Cara Cepat Mengakses Internet

Internet adalah jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Selain itu internet sangat memiliki berbagai kelebihan dan begitu juga kekurangannya. kelebihannya kita dapat melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain yang berada mungkin di luar negeri sekalipun. Melalui internet kita dapat mengembangkan kreatifitas, menambah relasi atau mungkin menjadi sarana media komunikasi dan bisnis. Oleh sebab itu, apabila jaringan internet yang kita gunakan baik dan lancar, sudah pasti apapun yang kita kerjakan dalam internet juga akan lebih menyenangkan. Berikut ini saya akan memberi tips kepada Anda mengenai cara mengakses internet dengan cepat dan apa saja yang diperlukan dalam melakukan hubungan jaringan internet.

Ada banyak pilihan dalam berbagi akses internet, tapi dalam artikel ini saya hanya akan bahas 4 cara saja:

1. Menggunakan hubungan "peer to peer"
2. Menggunakan koneksi USB & ethernet pada modem
3. Menggunakan active hub
4. Menggunakan wireless router

1. Menggunakan hubungan "peer to peer"

Hubungan "peer to peer" adalah hubungan antar 2 komputer lewat suatu media tertentu. Pilihan media tersebut dan kebutuhan peralatan sesuai pilihan media adalah:

* Ethernet (dengan koneksi RJ-45)
1. Ethernet port pada kedua komputer yang akan dihubungkan.
2. Kabel ethernet yang dicross; Bisa dipesan di toko komputer yang menyediakan peralatan networking; Kabel ini berbeda dalam penyambungan jalurnya dibandingkan kabel network biasa.
* Firewire
1. Firewire port pada kedua komputer yang akan dihubungkan.
2. Kabel firewire dengan ujung konektor yang sesuai dengan port firewire pada kedua komputer; Konektor firewire memang mempunyai dua tipe yaitu yang kecil dan yang besar; Yang besar biasanya terdapat pada komputer dekstop dan yang kecil pada komputer notebook.

Pilih salah satu koneksi tersebut dan konfigurasikan TCP/IP dari koneksi tersebut (ethernet atau firewire) pada komputer yang terhubung langsung ke internet (kita sebut saja komputer server) sehingga IP komputer tersebut adalah 192.168.1.1

Kemudian konfigurasikan TCP/IP dari komputer client (komputer yang akan dihubungkan ke komputer server) sehingga IP komputer tersebut menjadi 192.168.1.x di mana x adalah nilai pilihan anda sendiri antara 2-254; Subnet mask 255.255.255.0; Gateway 192.168.1.1

2. Menggunakan koneksi USB & ethernet pada modem

Dalam hal ini, kita memanfaatkan fasilitas dari modem (ADSL atau cable TV) yang mempunyai fasilitas koneksi USB dan ethernet. Dengan demikian, anda akan memerlukan:

1. Modem (ADSL atau cable TV) yang mempunyai port ethernet dan USB
2. Kabel ethernet atau RJ-45 (biasanya sudah disediakan dari modem tersebut)
3. Kabel USB (juga biasanya sudah disediakan dari modem tersebut)
4. Satu komputer yang mempunyai port ethernet
5. Satu komputer yang mempunyai USB port

Hubungkan komputer pertama ke modem dengan ethernet, lalu konfigurasikan (IP, DNS, dll) sesuai dengan informasi dari si penyedia layanan internet (ISP) tersebut.

Install USB driver dari modem tersebut ke komputer kedua, lalu hubungkan komputer tersebut ke modem lewat USB. Kemudian konfigurasikan (IP, DNS, dll) sesuai informasi dari ISP yang dipakai.

Biasanya digunakan automatic IP dan DNS

3. Menggunakan active hub

Anda perlu menyediakan:

1. Modem yang mempunyai koneksi ethernet
2. Active hub atau switch ethernet
3. Kabel network/ethernet untuk menghubungkan active hub ke modem
4. Komputer-komputer yang mempunyai port ethernet
5. Kabel network/ethernet sesuai dengan jumlah komputer yang dipakai

Hubungkan active hub ke modem, kemudian hubungkan semua komputer yang active hub tersebut.

Konfigurasikan semua komputer sehingga menggunakan automatic IP dan DNS, kecuali kalau ada informasi tertentu dari ISP

4. Menggunakan wireless router

Kalau anda membutuhkan koneksi wireless, maka pilihan ini memang anda perlukan. Anda punya dua pilihan:

1. Modem yang mempunyai kapabilitas wireless router
2. Wireless router yang akan dihubungkan ke modem.

Tentu saja semua komputer yang digunakan harus mempunyai kapabilitas wireless atau Wifi.

Biasanya, modem akan dikonfigurasi dengan IP 192.168.1.1 dengan DHCP aktif, sedangkan router dikonfigurasi dengan IP 192.168.2.1, juga dengan DHCP aktif.
Pastikan wireless router tersebut menggunakan enkripsi (WEP, WPA, dll), lalu catat key yang sudah di-generate.
Kemudian masing-masing komputer bisa langsung dihubungkan ke router tersebut dengan memasukkan key sewaktu diminta oleh koneksi wireless tersebut.

Cara untuk mengakses internet dengan cepat adalah sebagai berikut :

A. Ubahlah Setting Bandwith Pada Windows

(OS) Operating Sistem, pada dasarnya telah membatasi bandwith untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal, jika netter ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.

Lakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik Start
2. Klik Run
3. Ketik gpedit.msc
4. Kemudian klik Ok
5. Setelah masuk klik (buka) Administrative Templates
6. Kemudian klik (buka) Network
7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
11. Klik Apply, dan terus Ok
12. Kemudian keluar dan Restart computer

B. Gunakan browser Google Chrome atau Apple Safari

Telah di uji coba Versi terbaru dari browser Chrome dan Safari, browser ini lebih cepat bila dibandingkan dengan Firefox ataupun Internet Explorer. Browser Chrome lebih aman dibanding dengan Safari, walau dalam beberapa hal Safari kadang lebih cepat dari Chrome.
Jika Anda sudah terbiasa memakai browser Firefox dan tidak ingin beralih ke browser lagi, disarankan untuk tambahkan Add-on “Adblock” untuk memblok iklan, gambar, dan flash yang aktif. Ada beberapa Add-on lagi dari Firefox seperti NoScript yang bisa mempercepat akses internet, tapi sayangnya kalau kebanyakan Add-on justru, kadang malah memperlambat akses dari browser Firefox sendiri.

C. Perbesar cache browser hingga 5% dari kapasitas Harddisk atau 1 – 2 GB

Cara seperti ini sangat efektif untuk mempercepat akses browser. Karena secara logika, browser tidak perlu tiap kali loading gambar atau sesuatu yang tidak perlu setiap kali berkunjung ke situs yang sudah pernah dikunjungi, karena kalau situs sudah pernah dikunjungi akan otomatis di-cache oleh browser. Tapi ingat cara ini hanya berlaku jika kapasitas harddisk Anda cukup besar. Pada umumnya masing-masing browser ada yang dapat diset kapasitas cachenya, ada yang otomatis. Jika browser Anda tidak ada pilihan set cache, artinya Anda jangan sering-sering (atau tidak perlu) clear history di browser.

sumber : http://smpn6batam.blogspot.com
http://landit.web.id